Kabar Otomotif Terbaru

Thursday, January 18, 2018

Performa Meningkat, 6 Hal Membuat Korekan Harian 4tak



Tune Up - Motor adalah kendaraan alternatif untuk ibu kota Jakarta dengan situasi yang padat dan panas, rasanya ketika anda ingin berkendara dengan motor 4tak ingin cepat sampai tujuan walaupun kondisi jalan padat tapi langkah ini bisa mengatasi sedikit kendala yaitu mengtune up motor anda biar lebih gesit.

Volume kendaraan 4tak semakin hari makin bertambah, kenapa? ya karena lebih efisien saat melintasi Ibu Kota yang padat. mulai dari kalangan pemuda, orang tua, dan lain sebagainya. Tentu saja motor yang digunakan hanya di pakai spek harian alias standar.

Korekan modifikasi motor harus dilakukan dengan benar dalam konsep teori terlebih dahulu, basic teori yang di pakai ada, perangkat lunak perhitungan simulasi mesin di komputer sudah banyak tersedia, pemilihan part yang tepat, serta dengan pengerjaan penuh ketelitian tinggi akan membawa hasil korekan yang bagus.

Pada modifikasi motor mesin utama korekan mesin 4tak terdapat di head silinder, Kop, Dexel, yang pasti Graham Bell  mengambil risetnya bahwa "Takkan ada satupun mesin 4tak dapat mengeluarkan tenaga dengan baik apabila ia tidak memiliki kemampuan untuk mengaliarkan udara dengan baik".

Bagi anda yang mencintai modifikasi tentu tidak puas hanya mengandalkan settingan standar pabrik, oleh karena itu mengotak atik motor akan dilakukan untuk meningkatkan performa yang baik pada motor 4tak, namun untuk bore up motor 4tak tidak bisa dilaukan sembarangan karena paling tidak dibutuhkan pengetahuan seputar bagian mesin pada motor serta menggunakan rumus yang pasti. Namun anda bisa melakukan korekan pada mesin untuk harian, simak ulasan berikut.

Setting Motor 4tak Harian

Untuk bisa meningkatkan performa motor 4tak dari settingan pabrik, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diubah, hal yang harus difokuskan pada korek motor ada jenis yaitu fungsi kenyamanan dan keamanan. pada dasarnya korekan harian tidak perlu mengubah fungsi utamanya, dengan kata lain perubahan pada korekan harian harus tetap mengikuti standar.

  • Kompresi
Yang pertama, batasan kompresi tidak boleh di setting terlalu boros. Jika settingan terlalu tinggi akibat yang di dapat bisa terjadi detonasi dan ngegelitik, untuk patokan kompresi sebaiknya tidak melebihi perbandingan 11:1, total maksimal pangkasan kira-kira cukup 1mm saja.

Untuk memangkasnya bisa berbagai cara anda lakukan, bisa anda pangkas anatara blok 0,3 sampai 0,5. Kepala silinder juga tidak boleh dipangkas lebih dari itu, cara lainnya bisa dengan mengurangi tebal paking blok dan head sekitar 0,3mm baru kekurangannya bisa ditambah lewat bubut, jika ingin memangkas alangkah baiknya cukup pilih salah satu saja antara blok atau kepala silinder untuk berjaga-jaga saat motor akan disetting ke standar pabrik lagi. Jadi hanya cukup mengganti salah satunya.

NOTE : Piston juga harus di pangkas  agar sesuai dengan ukuran blok dan head.

  • Paprasan Kem
Langkah pertama dalam mengolah Kem, tentukan tinggi ukuran klep jangan terlalu tinggi. Sebagai patokan yang pas bisa menggunakan formula tinggi klep 30% x diameter payung klep in, cara memangkasnya dengan mengikis rata setengah badan kem  (bagian bawah atau gemuknya), jangan mengubah bagian pucuk kepalanya karena bisa mengubah lube center, untuk durasinya jangan terlalu lama cukup 300 derajat, dan untuk bukaan klep umumnya 2-Lube Center. Cara pangkasnya tinggal di kikis rata pada bagian pinggang bagian atas sesuai profil kem, untuk memangkas kem sebaiknya sebaiknya belajar dulu atau dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

  • Perlancar Aliran Gas
Pada lubang transfer atau biasa disebut lubang porting, lakukanlah pengamplasan dibagian yang mirip kulit jeruk sampai jadi halus merata, tujuannya agar aliran gas semakin lancar.

Caranya sediakan ampelas ukuran 220 (kasar) dan ukuran 400 (halus), lalu gesekan secara merata pada permukaan lubang transfer menggunakan ampelas kasar saat bagian yang mirip kulit jeruk hilang ganti menggunakan ampelas halus sehingga permukaan rata dan terasa licin. Setelah rata sirami head dengan bensin agar bekas amplasan tidak tersisa, lalu semprot menggunakan kompresor angin agar kering.

  • Penyetelan Pada Karburator
Hal ini dilakukan agar mengindari keborosan pada bahan bakar, caranya yaitu dengan cara menurunkan penekan jarum sehingga posisi pelampung lebih tinggi akibatnya volume bensin di mangkuk bisa berkurang. Ada beberapa cara untuk meninggikan pelampung pada karburator, pertama bisa diganjal potongan amplas atau pelat, cara kedua memanaskan penekan plastik kemudian ditekan sesuai keinginan (bisa meleleh).

NOTE : Untuk Peninggian Maksimal 0,5mm.

  • Knalpot
Bagi anda para otomotif, peran Knalpot juga sangat penting dalam mengubah performa kendaraan anda jadi pilihlah knalpot sesuai dengan karakter mesin. Untuk panjang header knalpot yang akan dipasangkan ke motor 4tak ini menggunakan ukuran ideal yaitu 58-64cm, hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih knalpot adalah diameter lubang knalpot disamakan dengan diameter klep buang (out), kemudian lekukan knalpot jangan sampai mengubah diameter.

  • Pengaturan Spoket
Dan yang terkhir adalah Pasangan Spoket Gir Rantai merupakan kunci terakhir transfer tenaga mesin mesin ke roda, jika ingin fokus akselerasi ngebut maka perbandingan gir di ringankan, jika anda fokus ke top speed maka gir dibuat lebih berat. Untuk korekan harian mengubah gir tidak perlu mencolok, cukup menambahkan atau mengurangi 1-2 mata gir, baik depan maupun belakang.

Begitulah ulasan 4tak yang kami berikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Modifikasi NMAX
Share:

0 coment�rios:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive