Otomotif - Generasi baru Toyota Camry resmi meluncur beberapa waktu lalu di Thailand. Sedan yang bermain di segmen menengah ini datang dengan banyak perubahan, terutama pada sektor desain yang kini lebih agresif.
Menanggapi pertanyaan apakan generasi kedelapan Camry ini akan meluncur juga di Tanah Air, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan bahwa hal itu tergantung dari survei yang dilakukan ke masyarakat.
"Kalau Camry cocok untuk masyarakat Indonesia why not? Untuk survei pada intinya memang konsumen sekarang minta mobil sedan saat ini looks-nya lebih sporty, tidak lagi ke arah elegan," ujar Soerjo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (11/12/2018).
Soerjo mengatakan, saat ini memang terjadi perubahan atau pergeseran tren untuk segmen mobil sedan. Kebanyakan konsumen tidak lagi menginginkan tampilan-tampilan elegan yang melambangkan kemewahan dari sedan, tapi justru menginginkan sisi agresif.
Kondisi ini juga disebabkan adanya perubahan konsumen dari Camry. Bila dulu lebih banyak didominasi konsumen mapan yang suka dengan gaya elegan, saat ini cenderung ke arah anak muda yang suka dengan tampang dan tampilan sporty.
"Sebenarnya garis (pergeseran) ini sudah terjadi di Amerika beberapa waktu lalu, karena memang pembelinya juga sudah berubah ingin yang sporty, mereka bosan dengan tampilan elegan. Tapi untuk Indonesia pada waktu itu memang belum, karena Camry waktu itu masuk sebagai mobil kementerian yang lebih cocok elegan," ucap Soerjo.
Meski demikian Soerjo masih bungkam soal kepastian apakah generasi terbaru Camry dengan tampilan yang lebih agresif tersebut akan dipasarkan di Indonesia.
"Jawaban saya masih sama dengan sebelumnya, tidak semua mobil yang meluncur di luar itu kita bawa di Indonesia. Misalnya cocok yah kenapa tidak," kata Soerjo