Kabar Otomotif Terbaru

Thursday, January 11, 2018

Spesifikasi Toyota Transmover

Toyota Transmover - PT TAM (Toyota Astra Motor) diberikatan telah mengembangkan mobil terbaru untuk bersaing di pasaran indonesia, yaitu Toyota Transmover. Mobil yang bertipe kelas MPV entry level ini dikabarkan dengan varian terendah dari generasi Avanza di banderol dengan harga yang sangat terjangkau. Karena diklaim sebagai generasi terendah pada jajaran mobil Avanza, maka wajar saja jika desain interior dan eksterior dari MPV ini memiliki kesamaan dengan Avanza. Namun, meskipun memiliki beberapa kesamaan pada eksteriornya. Toyota Transmover ini memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda dengan Avanza. Hal ini dikarenakan bahwa nantinya mobil Transmover ini akan dipasarkan untuk kategori komersial atau sebagai mobil taksi sehingga Toyota Transmover ini akan hadir dengan penurunan spesifikasi, baik dari segi eksterior maupun dari segi interior. Terkait dengan hal tersebut pada peraturan dari pemerintah sendiri dimana armada taksi melarang menggunakan mobil bertipe LCGC sehingga Toyota pun merilis MPV ini. Namun, untuk mesin yang di pakai akan sama, yaitu mesin 1.3 Liter dengan teknologi Dual VVT-i. Meskipun sama dengan Avanza, mobil Transmover ini punya keunggulan tersendiri.

Sebagai mobil MPV yang dipasarkan khusus kendaraan komersil, seperti taksi maka tidak perlu heran jika banyak bagian pada toyota Transmover ini yang akan dikurangi dengan tujuan membuat Transmover ini menjadi lebih murah daripada Avanza terdahulu. Selain itu karena alasan tersebut maka tidak disarankan untuk di beli secara perorangan, karena lebih di utamakan untuk perusahaan badan hukum. Untuk spesifikasi pada sisi eksterior masih sama dengan model Avanza, baik dari sisi depan, samping, belakang tetapi pada bagian depan tidak dilengkapi dengan Fog Lamp dan bagian belakang sudah tertulis logo Transmover. Pada bagian mesin Toyota akan memasang mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.3 Liter sehingga akan mampu menghasilkan tenaga yang tidak jauh berbeda dengan Avanza.




  • Eksterior
Desain Ekterior pada mobil Transmover ini akan ada pengurangan untuk membuat harganya menjadi lebih murah dengan Avanza. Bagian depan, masih dilengkapi dengan headlamp yang sama pada Avanza namun tidak dilengkapi Fog Lamp, pada Grill depan yang tidak di lengkapi Chrome. Begitu juga dengan Spion yang tidak dilapisi dengan cat dan juga mode electric. Pada bagian samping mobil ini, sektor ini masih sama dengan Avanza dimana tampak satu garis lurus pada bagian samping bawah yang membujur dari depan hingga belakang mengikuti alurnya. 

  • Interior
Memasuki pada bagian kabin Toyota Transmover terlihat rangcangan densain dibuat begitu minimalis dengan dipasangkan beberapa fitur standar. Yang pertama, pada dootrim yang tidak dilapisi dengan kain Fabric dan juga tidak di lengkapi dengan konsol tengah dan tempat penyimpanan tertutup. tidak hanya itu, pada bagian jok Toyota Transmover ini akan menggunakan campuran bahan Fabric dan Vinyl dimana penggunan bahan ini di tunjukan agar mudah di bersihkan. Pengguna nantinya hanya akan mendapatkan sistem multimedia aurio 1 DN dan 2 buah Speaker. 

  • Dimensi
Pada bagian dimensi, MPV ini memiliki bentuk dimensi yang cukup sederhana. Dengan memiliki panjang 4.200 mm, Lebar 1.660mm, Tinggi mencapai 1.695 mm, dan memiliki jarak pada poros roda 2.665 mm. Dengan melihat dimensi tersebut kita bisa mengetahui bahwa mobil ini memiliki body cukup besar dan bongsor. Pada Ground Clearance yang cukup tinggi mencapai 200 mm sehingga mobil ini akan sangat mudah untuk di kendarai dijalan perkotaan maupun jalan yang penuh dengan polisi tidur. Disamping itu, meski dinilai memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil Avanza namun Toyota tidak melupakan soal kenyamanan. Pada kenyamanan Toyota akan mengusung suspensi MacPherson Strut dengan pegas koil untuk bagian depan dan 4 Link Lateral Rod dengan pegas koil pada suspensi bagian belakang kedua suspensi tersebut mampu menahan atau meredam setiap getaran pada mobil terutama pada jalanan yang tidak stabil atau jalanan rusak. Roda pada Toyota Transmover ini di hiasi Velg kaleng silver berukuran 16 inc yang akan terbalut dengan ban berukuran 185/70, baik ban depan maupun ban pada bagian belakang. Sehingga, akan menampilkan kesan mobil yang sangat standar. Bagian keselamataan pun tidak di lupakan oleh Toyota, dengan mengusungkan fitur sistem Dual SRS Airbag.

  • Mesin
Dengan mengusung mesin teknologi DOHC Dual VVT-i dengan 4 Silinder 16 katup dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.329cc, dan disematkan sistem pembakaran EFI maka akan menjamin mesin mobil ini tetap bertenaga serta efisien bahan bakar. Tidak hanya itu, jika berpacu pada mesin yang digunakan pada Toyota Transmover mampu menghasilakn tenaga maksimal sebesar 96.5 Ps pada 6.000 rpm. Dengan memiliki Torsi maksimal hingga 12.3 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga yang dikeluarkan mobil ini cukup besar sehingga mampu diandalkan ketika menjadi kendaraan taksi untuk mengangkut penumpang jarak dekat ataupun jarak jauh. Tetapi, MPV ini hanya tersedia dalam versi sistem transmisi manual percepatan , yang membuat harga mobil ini tetap terjangkau. Untuk bahan bakar, mobil ini mampu menampung bahan bakar 45 Liter sehingga cukup untuk bekal ketika digunakan untuk beroperasi sebagai taksi.

  • Fitur
Meskipun Toyota Transmover ini sebagai kendaraan komersil, Toyota tetap menyematkan beberapa fitur pelengkap yang standar. Beberapa fitur yang akan ditempatkan pada mobil Toyota Transmover ini adalah fitur Sistem Dual SRS Airbag yang akan menunjang keselamatan kepada kursi pengemudi dan kursi samping bagian pengemudi (depan) ketika terjadi hantaman atau kecelakaan keras di bagian depan sehingga tetap terlindung. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur sabuk pengaman di tiga titik yang di klaim menjadi standar wajib di setiap mobil toyota. Di sisi lain, MPV ini juga akan di lengkapi dengan fitur kenyamanan yaitu dengan disematkan sistem multimedia yaitu Audio 1DIN dan 2 buah speaker. Dikabarkannya mobil ini tidak memiliki AC Double Blower dan Spionnya tidak Electric.
SPESIFIKASI TOYOTA TRANSMOVER
Mesin
Tipe Mesin : IL, 4Cylinder, 16Value, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder : 1.329cc
Daya Maksimum : 95.5 PS @ 6.000rpm
Torsi Maksimum : 12.3 Nm @ 4.200rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar : EFI
Bahan Bakar : Bensin
Kapasitan Bahan Bakar : 45 L
Dimensi
P x L x T : 4.200 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda : 2.655 mm
Jarak Pijak Depan : 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang : 1.435 mm
Jarak terendah : 200 mm
Sasis
Transmisi : 5-Speed A/T
Suspensi Depan : Macpherson Strut With Coil Spring
Suspensi Belakang : 4-Link Lateral Rod With Coil Spring
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Drum
Steering Gear : Rock & Pinion, Electronik Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban : 185 / 70 R14
Fitur
Keamanan : Dual SRS Airbag, Sabuk Pengaman 3 Titik
Kenyamanan : Audio 1DIN & 2 Speaker
Share:

0 coment�rios:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive