Kabar Otomotif Terbaru

Thursday, January 11, 2018

Tips dan Mengataasi Rem Blong Pada Mobil


Otomotifiddoc, Jakarta - Tips bagi kalian yang menghadapi Rem blong pada mobil, tips ini sangatlah berguna bagi pengendara. Tentunya kita harus waspada dan selalu rajin mengecek kendaraan sebelum siap di gunakan, seperti Rem misalnya.

Banyaknya resiko ketika sedang berkendara di jalan raya, membuat pengemudi harus lebih berhati-hati dan selalu siaga umumnya pada pengendara mobil. Salah satu resiko yang mengerikan yang terjadi pada komponen rem yang tiba-tiba saja mengalami kerusakan hingga sampai remnya blong.

Pada situasi Rem blong, sangat dibutuhkan yang namanya kedewasaan atau kemahiran dalam mengemudi, skill berkendara, ketenangan, dan tidak bertindak gegabah. Walaupun itu hanya bisa dilakukan oleh pengemudi yang berpengalaman, bukan berarti kalian yang bisa baru membawa mobil harus pasrah dan tidak bisa mengatasinya.

Iwan Abdurahman, pada General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) beliau berbagi cerita pengetahuannya ketika kita sedang di situasi"REM BLONG". Beliau mengakui bahwa mengalami Rem blong di jalan raya merupakan resiko yang sangat riskan.

"Pastinya yang harus dilakukan pertama adalah melihat kondisi di sekitar terlebih dahulu, apakah ada kendaraan lain, atau orang yang berjalan kaki (yang bisa menjadi korban atau menambah resiko) di sekeliling mobil". Ucap Iwan

"Lalu, kurangi kecepatan dengan cara menurungan gigi (Engine Break), atau bisa juga memanfaatkan rem tangan yang ditarik perlahan dan tidak secara langsung menarik hingga penuh," katanya.

Iwan mengatakan bahwa tidak ada cara lain selain itu, ketika mengalami kejadian rem blong dijalan. jadi perlu di perhatikan baik-baik.

"Saat kecepatan sudah mulai turun segera menepi, memberi tanda bantuan seperti lampu Hazard," tutur Iwan.


Penyebab Rem Blong

Masalah yang sering terjadi pada rem blong, kata Iwan, biasanya karena kamvas rem telah habis atau minyak rem bocor, ini adalah biang dari masalah pada sistem rem yang umumnya terjadi.

"Kemudian bisa juga bocor di tengah selang, di reservoir atau di piston remnya lantaran kamvas remnya yang habis (dan dibiarkan). Masalah pada selang bisa juga karena usianya yang sudah terlalu lama, atau rusak karena menabrak sesuatu," ucap Iwan.

"Sedangkan pada komponen reservoir, biasanya karena usia Seal Karetnya sudah tua," kata Iwan. Mengingat kondisi rem memiliki posisi sangat  Krusial dan bisa jadi penyebab kecelakaan dijalan, bahkan bisa menimbulkan korban jiwa, sebaiknya cek kondisi kendaraan secara rutin.
Share:

0 coment�rios:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive