Kabar Otomotif Terbaru

Tuesday, January 9, 2018

RPM naik jadi 14.100, Tips Membuka Limit Pada Kabel Standar Motor CBR 250 RR


Honda CBR 250RR - Kecepatan maksimal Honda CBR 250 RR saat di tes pada mesin Dyno mentok pada 185 Km/jam beda tipis dengan tes di jalan 179 Km/jam.

Pada versi yang sudah di modifikasi untuk balap, ternyata juga tidak beda jauh. Hanya dapat 183 Km/jam.

"Bahkan sudah porting juga mentok kisaran 183 Km/jam, sepertinya memang di limit," ujar Angga Kurniawan, pemilik tim Honda V3BKS AR-1 NHK.

Jadi pada transmisi ke 6 motor yang di nobatkan sebagai Bike Of The Year Otomotif Award 2017 ini, dengan menggunakan ECU standar pada putaran mesin mentoknya hanya 13.000rpm saja. Mungkin untuk safety atau daya tahan mesin.

Tentunya batasan kecepatan maksimal ini membatasi usaha meraih waktu lebih cepat agar kompetitif saat balap. Maka dari itu berexperiment mencari cara agar Speed Limit bisa dibuka.

"Dari cabut speed sensor, Jumper kabel Gear Position, ternyata tidak ada yang sukses," kata sudirjo, mekanik Honda V3BKS AR-1 NHK yang bertempat di kelapa dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Terakhir kalinya mencoba tukar kabel gear position, untuk gigi 6 tukar ke gigi 1, ternyata sukses top speed naik hingga 193 Km/jam. Catatan waktu Nico Jullian di sentul juga lebih cepat 2 detik, dari 1:49 kini menjadi 1:47," papar Dirjo.

Untuk info tambahan, gigi 1 sampai 5 CBR 250 RR bisa sampai 14.100rpm, sedangkan pada gigi 6 hanya dapat 13.000rpm.

Karena kabelnya di tukar, gigi 6 kini bisa sampai 14.100rpm. gimana caranya ? Ternyata sangat mudah, hanya memindahkan posisi kabel di soket gear position.

"Yang ditukar posisi antara kabel biru-hitam dan kuning-merah," ucap Dirjo. Jadi saat gigi 1 gear position akan menampilkan gigi 6, sebaliknya gigi 6 tertera gigi 1.

Pertama tentu fairing kiri agar di lepas, karena soket hitam berisi 7 kabel berada di sebelah kiprok. Setelah melepas Soketnya, gunakan alat bantu seperti obeng minus yang lebih kecil dan tajam untuk melepas kabelnya. "Pertama lepas plastik putih didalamnya dengan di congkel, lalu angkat pengunci skun kabelnya dan tarik kabel dari sisi belakang .

Jika sudah tinggal di tukar posisi keduanya. Sekarang top speed bisa naik dengan ECU standar.
Share:

0 coment�rios:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive